by

Bagi Kades Eretan Wetan, Pembangunannya Memprioritaskan Kualitas dan Kuantitas

INDRAMAYU, rakyatnusantara.co.id – Selama menjabat sebagai Kepala Desa (Kuwu) Eretan Wetan, H. Edi Suhedi, selalu mengutamakan kepentingan warga dibanding kepentingan pribadinya. hal tersebut dibuktikannya dengan meningkatkan pelayanan dan pembangunan infrastruktur demi kemakmuran seluruh warga Desa Eretan Wetan.

Oleh sebab itu, Kuwu H. Edi Suhedi, dipercaya warganya kembali menjabat sebagai Kuwu Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dimana di periode keduanya dilantik pada tahun 2015.

Di tahun 2018 ini, Desa Eretan Wetan telah mendapatkan dana bantuan dari pemerintah yaitu Dana Desa (DD). Dana-dana tersebut telah dialokasikan sesuai kesepakatan bersama dari hasil musyawarah antara perangkat desa dengan tokoh masyarakat, lembaga desa dan masyarakat desa setempat sehinggadalam pelaksanaan pembangunan tidak menemui kendala apapun. Kemudian hasilnya pun sesuai dengan keinginan masyarakat. hal ini diungkapkan Kuwu Eretan Wetan, H. Edi Suhedi, ketika ditemui awak media ini diruang kerjanya baru-baru ini.

Masih menurutnya, tahun 2018 Dana Desa ditambah ADD baru termin pertama 20 persen, dimana dana tersebut dialokasikan untuk Bumdes dan pembangunan TPT. Untuk Bumdes, kata Kuwu H. Edi, menyerap dana Rp.100 juta. sedangkan sisanya untuk TPT yang pembangunannya telah selesai dilaksanakan sepanjang 700 meter.

H. Edi mengatakan bahwa wilayah Desa Eretan Wetan berbeda dengan desa-desa lainnya, karena wilayah desa ini dianggap kawasan kumuh (kawasan nelayan) sehingga memerlukan pembangunan sarana infrastruktur lebih banyak lagi dibanding desa lainnya.

“Tentunya untuk memenuhi kebutuhan akan infrastruktur, dibutuhkan dana lebih besar dibanding desa yang lainnya,” ujarnya.

H. Edi menambahkan, di desa ini setiap bulannya selalu dilanda banjir akibat air laut pasang (rob). Dampaknya, jalan lingkungan dan pemukiman warga terendam sehingga menyebabkan jalan-jalan lingkungan yang ada cepat rusak dan harus sering dilakukan perbaikan.

Bagi H. Edi, yang menjadi prioritasnya saat ini yaitu berbagai hal terkait kepentingan masyarakat. Dalam melaksanakan pembangunan, Ia juga selalu mengutamakan mutu agar hasilnya mampu bertahan lama (tidak mudah rusak).

Terkait penanggulangan rob ini, H. Edi menginginkan pembangunan senderan di sepanjang sungai yang melintasi wilayah Desa Eretan Wetan.

“Saat ini senderan yang dibangun baru setengahnya, dan bisa mengurangi dampak banjir akibat rob. Diharapkan kedepannya, senderan bisa dibangun seluruhnya sehingga tidak ada lagi jalan lingkungan maupun pemukiman warga yang terendam,” pungkas H. Edi. (Yoshua AS, Adi Mukti)

Comment