Cirebon, Rakyat Nusantara – Dalam rangka hari ulang tahunnya yang ke empat tahun 2018, Komunitas Civic Street Level Sumedang mengangkat tema Tahu Sumedang “Touring Ah Hayu Urang Ka Sumedang”. Kegiatan ini berlangsung di Taman Gajah Depa Sumedang, pada Sabtu pagi (11/08/2018).

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sumedang Terpilih, H. Ahmad Munir, Ketua bersama jajaran pengurus dan anggota Komunitas Civic Kabupaten Sumedang , juga dihadiri Komunitas Civic dari berbagai daerah di Indonesia seperti, Garut, Ciayumajakuning, Sumatera, Aceh, Makasar, Kalimantan, bahkan dari luar negeri yakni Malaysia.

Menurut pihak panitia penyelenggara, Rangga Madman, kepada awak media ini mengatakan bahwa ada sebanyak 700 unit kendaraan milik anggota komunitas, dengan jumlah peserta mencapai 2000 orang. Antusiasme warga Kabupaten Sumedang sangat tinggi terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan terutama memparerat jalinan tali silaturahmi antar sesama komunitas, baik yang ada di Kabupaten Sumedang maupun dari daerah lain di seluruh Indonesia, bahkan juga dari luar negeri yaitu Malaysia,” ujarnya.

Rangga menambahkan, acara-acara seperti ini juga sudah diadakan di kota-kota lain. Dan kami dari Street Level Sumedang baru pertama kali menggelar kegiatan ini sekaligus memperkenalkan Kabupaten Sumedang melalui wisata, budaya dan kulinernya. Adapun para peserta yang hadir, lanjut Rangga, meliputi berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Aceh, Makasar, Kalimantan juga ada dari luar negeri yakni Malaysia. Sementara jumlah peserta yang hadir 70 persennya didominasi dari pulau jawa.

“Dalam kesempatan ini kami juga memperkenalkan Kabupaten Sumedang, agar lebih dikenal dan menjadi Kota wisata kedepannya,” imbuhnya.

Sementara usai mendampingi Bupati Sumedang terpilih H. Ahmad Munir melakukan pemotongan tumpeng tanda dibukanya acara kegiatan tersebut, Ketua Street Level Sumedang, Wawan Hidayat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumedang terpilih dan juga kepada teman-teman komunitas civic seluruh Indonesia yang telah hadir di acara ini, juga terima kasih kepada Ketua HNCI, Ketua GCF, serta kepada sesepuh Grand Civic.com.

“Selamat datang untuk semuanya, selamat datang di Kota Sumedang. Semoga semua terkesan,” kata Wawan.

Selanjutnya sambutan dari Bupati Sumedang terpilih, H. Ahmad Munir, pertama-tama atas nama pribadi sekaligus atas nama masyarakat Kabupaten Sumedang mengucapkan selamat datang kepada semua peserta, baik dari Kabupaten Sumedang maupun dari luar kabupaten Sumedang.

Foto Bupati Sumedang terpilih Bersama Seluruh Anggota Komunitas Civic Indonesia
Foto Bupati Sumedang terpilih Bersama Seluruh Anggota Komunitas Civic Indonesia

“Sumedang sebagai pusat ilmu pengetahuan, maksudnya banyak tahunya. Selamat datang di Sumedang mudah-mudahan terkesan menikmati kuliner khas Sumedang dan tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi, terkhusus bagi peserta dari luar Kota Sumedang,” ungkap Ahmad Munir.

Ia mengharapkan, Tema TAHU SUMEDANG “ Taouring Ah Hayu Urang Ka Sumedang” ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga Sumedang untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Sumedang sehingga masyarakat dari luar Sumedang bisa tertarik datang dan berkunjung ke Sumedang.

Ahmad Munir mengaku sangat bangga bisa hadir di kegiatan yang positif dan kreatif dalam wadah Street Level. “Dan saya tahu persis pengurus Street Level sangat kompak, terbukti dalam rangka HUT nya yang ke empat ini sesuai dengan tema Kabupaten Sumedang yang tengah menggalakan sektor pariwisata,” jelasnya.

Harapan kedepannya, lanjut Ahmad Munir, kegiatan ini bisa terus maju dan berkembang serta memberikan kemanfaatan dan kontribusi bagi masyarakat Kabupaten Sumedang. Dan disamping meningkatkan tali silaturahmi dari para anggota Street Level sendiri. Kegiatan ini sangat positif sekali, orang luar Sumedang dapat mengunjungi dan mengetahui destinasi wisata dan menikmati kuliner yang ada di Sumedang. Dengan demikian kita yakin, mereka akan memberitahukan kepada saudaranya, teman-temannya bahwa di Sumedang ada tempat-tempat yang bagus.

Mobil Peserta Komunitas Civic Street Level
Mobil Peserta Komunitas Civic Street Level

“Saya ucapkan selamat kepada Street Level, di usianya yang ke empat ini semakin maju, berkembang, solid dan kompak serta dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat Kabupaten Sumedang. Saya sangat apresiatif kepada Street Level Sumedang ini,” pungkasnya.

Sementara menurut Didin selaku Show Direktur Street Level Tahu Sumedang, mengungkapkan. Harapan kami kedepan tali silaturahmi antar sesama komunitas pecinta civic semakin terjalin. Dengan begitu bila kita melakukan perjalanan ke luar kota dan mengalami masalah, kita bisa sharing melalui media sosial.

“Alhamdulillah, kita langsung mendapat bantuan dari komunitas civic di kota/kabupaten yang kita singgahi, karena komunitas civic ini ada hampir di seluruh penjuru tanah air Indonesia. Inilah salah satu kelebihan komunitas civic Indonesia, jadi lebih banyak saudara,” tandasnya.

Ketua Street Level (SLV) Sumedang, Wawan Hidayat didampingi Didin selaku Show Direktur SLV dan Wok Bachman selaku member SLV Sumedang, saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan. Kegiatan ini gagasannya dari semua komunitas, baik dari Street Level Sumedang juga dari komunitas civic se- Indonesia. Begitu pun masukan-masukan kita tamping, mana yang terbaik baru kegiatan ini kita laksanakan.

Selain itu, lanjut Wawan, tujuan kita mempererat tali silaturahmi antar anggota komunitas pecinta civic. Dan bagi mereka dari luar daerah yang jauh-jauh datang, bisa pulang membawa kesan yang bagus tentang Street Level sendiri, terutama tentang Sumedang. Karena ini akan jadi daya tarik wisata. Peserta kegiatan akan berada di Sumedang selama tiga hari, dan mereka juga menanyakan dimana saja tempat wisata di Kabupaten Sumedang. Tentunya ini akan menaikan point Sumedang di tingkat Nasional bahkan Internasional.  

Comment