by

Kades Rusmana Adakan Acara Sedekah Bumi Dan Ngunjung Buyut Pangeran Purbaya

Cirebon, rakyatnusantara.co.id – Warga Purbawinangun lakukan acara sedekah bumi dan ngunjung Buyut Pangeran Purbaya sebagai wujud atas nikmat yang Allah berikan.

Purbawinangun merupakan sebuah desa di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, desa dengan pertumbuhan ekonomi maju, karena banyaknya industry rotan di wilayah tersebut yang berdampak sedikitnya angka pengangguran.

Jumat, (2/11/2018). Desa Purbawinangun saat ini sedang melakukan tradisi yang sudah menjadi turun-temurun sebagai rutinitas setiap tahunya pada awal bulan November.

“Acara ini sudah menjadi tradisi rutin setiap tahunnya, selain untuk melestarikan budaya juga untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga”, tutur Kades Rusmana kepada awak media rakyatnusantara.co.id.

“Pada mulannya acara ini digunakan untuk memberikan sesajen kepada para Dewa, setelah masuknya Islam kegiatan ini berubah menjadi wujud rasa sukur kepada Allah SWT”, imbuhnya.

Pelaksanaan acara tersebut berdasarkan atas patisipasi pemerintah desa dengan masyarakat sekitar, hampir seluruh warga desa tersebut membawa bingkisan berupa makanan untuk dimakan bersama-sama.

Turini merupakan salah satu warga Desa Purbawinangun mengatakan kepada awak media rakyatnusantara.co.id “Kegiatan tradisi ini sangat positif, bisa meningkatkan iman kita kepada Allah, juga masyarakat bisa terhibur karena adannya wayang kulit”.

Comment